Ukuran Pintu Minimalis

Sebagai jalan untuk mobilitas utama dalam rumah, pintu memiliki banyak jenis dan desain yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Selain itu, ukuran pintu juga cukup beragam sesuai dengan bahan dan penggunaannya. 

Bagi kamu yang ingin membangun rumah, tentu penting untuk mengetahui ukuran standarnya agar bisa memuat kerangka bangunan yang tepat.

Pintu Rumah

Ukuran pintu Minimalis
Sumber: dekoruma.com

 

Jika melihat tinggi rata-rata masyarakat di Indonesia, tidak sampai melebihi 2 meter atau 200 cm. Hal ini berpengaruh terhadap berbagai ukuran dari pintu yang ada dalam rumah.

Berikut beberapa ukuran standar dari pintu sesuai penggunaannya.

1. 65 cm x 220 cm

Barometer ini termasuk cukup sempit untuk kelebaran badan satu orang yang melewatinya. Oleh sebab itu, size ini hanya digunakan untuk jenis pintu utama dengan dua daun.

Jadi, jika dikalkulasikan ukuran kedua daun tersebut jauh lebih lebar untuk mobilitas penggunanya.

2. 80 cm x 210 cm

Untuk pintu utama yang menggunakan satu daun, maka standar ukurannya memiliki lebar 80 cm. Pintu utama satu daun ini digunakan untuk rumah dengan kelebaran standar hingga rumah yang  besar.

3. 80 cm x 200 cm

Sementara itu, untuk rumah yang memiliki size minimalis menggunakan pintu utama yang lebih pendek 10 cm. Tetapi untuk penggunaannya di rumah yang lebih lebar, ukuran ini sering digunakan sebagai pintu kamar.

4. 210 cm x 85 cm

Jika ingin menggunakan pintu geser untuk area tertentu, maka ukuran yang paling sering digunakan adalah 210 cm x 85 cm.

Kamu juga bisa meminta ukuran yang lebih lebar karena pintu geser memiliki beragam ukuran yang lebih fleksibel.

5. 80 cm x 220 cm

Pada pintu geser yang menggunakan bahan kaca dan alumunium, ukuran standarnya memiliki kelebaran 80 cm dan tinggi hingga 220 cm.

Walaupun tidak terlalu lebar, namun penggunaannya juga cocok sebagai pintu utama jika dipadukan dengan jendela kaca.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel pintu minimalis sebagai bahan pertimbangan bahan apa yang sesuai untuk hunian kamu.

Pintu Kamar Mandi

Ukuran pintu kamar mandi
Sumber: jendelabaru.com

Besar pintu kamar mandi jauh berbeda dengan pintu ruangan di bagian lainnya. Selain dipengaruhi oleh bahannya yang memiliki ukuran standar, penggunaan kamar mandi juga tidak membutuhkan kelebaran yang maksimal.

Berikut beberapa ukuran dari pintu kamar mandi sesuai bahannya.

1. Pintu Kamar Mandi PVC

Pintu PVC adalah yang paling banyak digunakan masyarakat, baik untuk hunian pribadi ataupun kamar mandi umum. Selain harganya lebih terjangkau, pintu jenis ini juga memiliki ukuran lebih luas dan tinggi. 

Jadi nyaman digunakan oleh orang dengan ketinggian yang lebih beragam. Ukuran standar dari pintu berbahan PVC adalah 72 cm x 220 cm.

2. Pintu Kamar Mandi UPVC

Bahan UPVC memiliki banyak keunggulan dibanding PVC, baik dari segi desain ataupun keamanannya.

Saat ini banyak beredar pintu kamar mandi UPVC dengan ukuran tingginya 198 cm dan lebarnya 70 cm. Walaupun lebih kecil, namun pintu ini sudah nyaman digunakan untuk mobilitas.

3. Pintu Alumunium

Bahan alumunium juga cukup kuat menahan air dan udara lembab sehingga sering digunakan untuk kamar mandi dengan tampilan lebih mewah. Size dari pintu kamar mandi jenis alumunium adalah 70 cm x 200 cm.

4. Pintu Kamar Mandi Geser

Penggunaan pintu geser kamar mandi semakin marak digunakan pada rumah yang menggunakan desain modern. 

Ukuran standar jenis pintu geser pada kamar mandi adalah 135 cm x 200 cm.

Karena cukup lebar, pintu geser ini sering digunakan pada jenis kamar mandi kering yang memisahkan toilet dengan area mandi. 

Beberapa ukuran pintu yang ada dalam rumah bisa menjadi pertimbangan penting untuk kamu atau pekerja yang sedang membangun rumah.

Jadi, kelebaran ruangan tertentu dengan pintunya bisa diprediksikan jauh hari sebelum membeli bahan bangunan. 

Untuk mempermudah proses pembangunan, sebisa mungkin menggunakan pintu berukuran standar agar mudah diperoleh. 

 

Tinggalkan Balasan