Ukuran Keramik Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Ukuran keramik kamar mandi – Berperan sebagai tempat membersihkan berbagai kotoran tubuh, maka kebersihan kamar mandi harus dijaga secara rutin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bahan keramik yang mudah dibersihkan untuk melapisi lantai dan dinding.

Namun, sebelum memasangnya pastikan kamu mengetahui ukuran keramik sesuai standar.

Simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya…

Ukuran Lantai Keramik Kamar Mandi

Ukuran keramik kamar mandi
Sumber : jendelabaru.com

Bagian kamar mandi pertama yang harus dilapisi keramik adalah lantai. Selain menjaga kebersihannya, lantai keramik kamar mandi juga bisa membantu menjaga keselamatan penggunanya.

Caranya dengan memilih jenis keramik yang kasar dan anti selip. Ukuran yang banyak digunakan untuk keramik kamar mandi adalah:

1. 20 cm x 20 cm

Ukuran keramik ini tergolong sangat kecil dibandingkan ukuran standar lainnya. Tetapi untuk lantai kamar mandi, justru semakin kecil ukurannya maka semakin baik.

Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya garis yang bisa diciptakan dari pemasangan setiap keping lantai yang kecil-kecil. Jadi, kemungkinan terpeleset saat digunakan juga semakin kecil.

2. 25 cm x 25 cm

Ini adalah ukuran standar yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak heran jika semua produsen lantai membuat ukuran ini pada keramik yang diproduksi.

Motif yang biasa digunakan dengan ukuran ini adalah geometris dan batu alam.

3. 20 cm x 30 cm

Bentuk keramik jenis ini adalah persegi panjang. Biasanya ukuran ini digunakan untuk jenis keramik yang berbentuk parket sehingga terlihat seperti potongan kayu kecil.

Selain warna kayu, keramik dengan ukuran ini biasa menggunakan warna-warna yang lebih gelap.

4. 30 cm x 30 cm

Ukuran lantai ini lebih besar dan biasa digunakan juga pada keramik bagian dalam rumah. Walaupun bahannya lebih lebar, namun keramik ini tetap didesain kuat dan tentunya lebih kasar.

Sementara motifnya masih sama dengan motif pada lantai berukuran 25 cm x 25 cm.

5. 40 cm x 40 cm

Ini adalah ukuran keramik kamar mandi yang paling besar. Keunggulannya terletak pada proses pemasangan yang lebih mudah. Selain itu, motif lantai keramik ini jauh lebih bervariasi dan berukuran besar.

Bahkan dalam satu lantai bisa dipadukan dua hingga tiga motif sekaligus.

Ukuran Keramik Kamar Mandi untuk Dinding

Keramik dinding kamar mandi
Sumber: jendelabaru.com

Ukuran lantai dan dinding kamar mandi memiliki perbedaan variasi. Karena hanya berperan sebagai pelapis dinding, maka ukurannya jauh lebih besar.

Sedangkan bagian permukaannya jauh lebih halus karena tidak perlu bersifat anti selip. Berikut beberapa ukuran keramik untuk dinding kamar mandi.

1. 20 cm x 25 cm

Sebagian besar orang menggunakan ukuran ini untuk keramik kamar mandi. Biasanya dilakukan untuk menyelaraskan dengan ukuran lantai.  Jadi, antara dinding dan lantai bisa langsung terhubung dalam satu garis.

2. 25 cm x 40 cm

Jika memiliki kamar mandi minimalis, penggunaan keramik yang besar ini justru sangat menarik untuk dicoba.

Faktor penyebabnya adalah karena jumlah garis dan motif yang lebih sedikit, sehingga kamar mandi tidak terlihat sesak atau sempit.

3. 25 cm x 50 cm

Keramik besar ini biasanya menggunakan motif roman yang mampu membuat dekorasi kamar mandi lebih menarik.

Tetapi penggunaannya agak sulit menyesuaikan dengan keramik lantainya. Jadi pastikan untuk pandai memadukan motif lantai dengan dinding yang menggunakan keramik dengan ukuran ini.

Dengan adanya beberapa jenis keramik kamar mandi tentu semakin mempermudah kamu dalam mendekorasi kamar mandi menjadi lebih menarik.

Jadi penggunaannya tidak hanya berperan untuk menjaga kebersihan kamar mandi saja, tetapi juga memberikan tampilan yang lebih indah dan nyaman digunakan.

 

Tinggalkan Balasan