M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Cara Tepat Memilih Batu Alam Dinding dan Lantai

2 min read

Saat memilih batu alam kita sering mengedepankan estetika. Namun, mempertimbangkan
kebutuhan kamu dan bagaimana kinerja batu itu terlebih dahulu akan mendapatkan hasil yang lebih baik untuk tampilan rumah minimalismu.

Tips Teratas Untuk Memilih Batu Alam

Model batu alam interior
Sumber: pinterest.com

Dengan banyaknya jenis batu yang tersedia mulai dari granit dan kapur hingga travertine, marmer dan batu pasir, membuat kamu mudah merasa kewalahan.

Memilih batu alam untuk interior atau eksterior rumah kamu adalah keputusan yang sangat pribadi.

Meskipun kamu mungkin tertarik pada batu tertentu karena estetika, ada faktor yang perlu kamu pertimbangkan yang dapat membuat beberapa jenis lebih cocok daripada yang lain.

kamu tidak hanya perlu mempertimbangkan bagaimana batu itu terlihat, tetapi juga kesesuaiannya untuk aplikasi pribadi kamu.

Dalam panduan ini, kami melihat beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan saat memilih batu alam untuk rumah kamu.

1. Pahami Kebutuhan

Saat memilih batu alam, kamu harus mencari produk dengan aplikasi khusus. Misalnya, saat memilih batu untuk area basah seperti dinding fitur kamar mandi , kamu harus memilih batu yang tidak rentan terhadap kerusakan kelembaban.

Tanyakan pada diri kamu – apakah batu itu perlu melakukan suatu fungsi? Apakah itu murni dekoratif? Apakah akan terkena sinar matahari, air, panas, atau perubahan suhu yang dramatis? Apakah batu akan dipasang di area lalu lintas tinggi?

2. Pilih Hasil Akhir yang Sesuai

Batu alam eksterior
Sumber: www.99.co

Ada berbagai pilihan finishing yang tersedia untuk batu alam yang akan memengaruhi penampilan dan kinerja material. Beberapa hasil akhir yang mungkin kamu temui saat memilih batu alam diasah, disikat, dipalu semak, digergaji, dibelah, dipoles, dilapisi kulit atau antik.

Jika kamu merencanakan dinding fitur batu alam, hasil akhir yang kamu pilih akan sangat memengaruhi estetika.

Namun, jika kamu menggunakan batu sebagai lantai, teksturnya akan memengaruhi fungsi dan penampilannya. Finishing gergajian, misalnya, jauh lebih cocok di area basah daripada diasah atau dipoles karena kualitasnya yang tidak licin.

3. Ketahui Tingkat Penyerapan

Tingkat penyerapan mengukur seberapa keroposnya batu dan juga bisa menjadi indikator daya tahan umum batu tergantung pada aplikasi masing-masing.

Batu dengan tingkat penyerapan yang lebih tinggi cenderung lebih mudah menyerap noda sehingga menjadi permukaan yang kurang cocok untuk permukaan meja kecuali jika disegel dengan benar.

Itu juga dapat rentan terhadap kerusakan retak jika batu terkena kondisi beku seperti kelongsong dinding eksterior.

Secara umum, saat memilih batu alam, tingkat penyerapan air paling rendah diinginkan.

4. Tentukan Formatnya

Rumah minimalis
Sumber: sinergistone.com

Format batu kamu akan berdampak besar pada tampilan dan nuansa ruangan kamu secara keseluruhan. Kebanyakan lantai dan dinding batu alam tersedia dalam berbagai ukuran dan profil yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Misalnya, kamu dapat memilih batu linier yang sempit untuk dinding fitur kontemporer atau format tradisional , penutup batu bertekstur untuk tampilan klasik. Saat menentukan format dan ukuran, ada baiknya juga mempertimbangkannya terkait dengan skala keseluruhan ruangan kamu.

Bergantung pada batu dan aplikasinya, batu juga dapat diletakkan dalam pola untuk efek visual tambahan.

Sebagian besar pola dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan estetika yang ingin kamu buat. Atau kamu dapat memilih tampilan yang lebih organik dengan memilih batu seperti batu ubin besar atau walling bentuk bebas .

5. Tentukan Palet Warna

Terakhir, tentukan palet warna yang sesuai dengan interior atau eksterior rumah kamu. Mengambil sampel pilihan batu kamu dan menempatkannya pada bahan lain, kain dan warna cat akan membantu kamu memilih batu yang akan mempercantik ruangan kamu.

Tanyakan pada diri kamu apa yang kamu inginkan dari sebuah batu berkenaan dengan warna. Apakah kamu menginginkan batu dengan sedikit variasi tonal dan tekstur alami?

Apakah kamu mencari batu bertekstur yang lebih kokoh dengan warna hangat yang kuat dengan berbagai warna?

Apakah kamu tertarik pada abu-abu, warna alami yang hangat atau permukaan yang lebih terang?

Terlepas dari batu alam apa yang kamu pilih, ingatlah akan selalu ada beberapa variasi dalam nada dan tekstur yang merupakan ketidaksempurnaan sifat.

6. Pertimbangkan Bahan Lainnya

Pendukung batu alam
Sumber: renovrumah.my.id

mengambil variasi tonal pada kayu alami yang ditampilkan di interior atau melengkapi bahan fasad yang ada. kamu mungkin ingin menciptakan aliran dengan melanjutkan lantai batu yang sama atau pelapis dinding di dalam dan di luar ruangan.

Untuk lebih jelasnya, baca juga artikel harga dan ukuran batu alam

M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Tinggalkan Balasan