Teras Rumah Minimalis

Teras rumah minimalis – Teras merupakan bagian depan rumah yang memiliki manfaat sebagai tempat untuk bersantai dan juga untuk menerima tamu.

Mendekorasi teras rumah tidak hanya sekedar memberikan ornament tertentu saja, tapi pemilihan warna cat teras juga harus dipilih dengan seksama.

Salah satu tolak ukur bagus atau tidaknya sebuah hunian adalah terasnya, karna memang tak sedikit orang yang menilai sesuatu dari tampak luarnya dulu, ekterior rumah.

Berikut contoh gambar teras pada desain rumah minimalis, lengkap dengan tips-nya

Contoh Teras Rumah

Contoh teras rumah

Sumber: ceburattan.com

Hal yang paling mendasar dalam teras rumah adalah, pastikan teras rumahmu proporsional.

Jika rumahmu kecil, sebuah teras seukuran rumahmu akan terlihat tidak pada tempatnya,

begitupun sebaliknya, teras kecil di sebuah rumah besar.

Optimalkan kenyamanan saat kamu bersantai ngopi di teras rumah.

Kamu bisa pasang tenda kecil atau membangun atap permanen yang cocok dengan atap rumahmu, jangan lupa beri pot-pot yang ditanami bunga-bunga indah atau tanaman polutan, agar terasa adem saat rebahan di teras.

Teras Rumah Simple

Teras rumah simple

Sumber: spacehistories.com

Keep it simple, jangan ada keruwetan dalam hidup maupun di teras rumahmu.

Teras Batu Alam

Teras batu alam

Sumber: putrijayabatualam.blogspot.com

Teras batu alam adalah teras yang paling banyak di terapkan pada rumah minimalis di masyarakat +62.

Tapi, tahukah kamu bagaimana cara merawat batu alam pada teras rumahmu?

O.k, begini…

Sering-sering bersihkan dinding batu alam, yah… minimal 1 kali sebulan. Lebih sering lebih baik, lakukan 2 minggu sekali.

Lantas, caranya?

Caranya, angkat debu yang menempel pada batu alam dengan mengelap permukaannya menggunakan kain halus.

Teras rumah minimalis

Sumber: jualbatualam.net

Jangan pakai deterjen atau nbahan kimia apapun, karna bisa merusak lapisan coating.

Oh…iya, pemberian coating dilakukan secara berkala, setahun sekali agar batu alam tetep kinclong layaknya batu akik.

jika batu alam tidak terkena paparan sinar matahari langsung, cukup mengcoating ulang 2 sampai 3 tahun sekali aja itu sudah cukup.

Baca Juga Artikel Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Teras Rumah Satu Tiang

Teras rumah minimalis

Sumber: rumahdijualcitayam.net

Rumah dengan teras satu tiang memang tak banyak ditemui, tapi jika rumahmu tak memungkinkan untuk 2 tiang,

tak apa, It’s not big deal

Kamu bisa tambahkan ornamen penghias agar lebih cantik pada tiang tunggal teras rumahmu.

Dengan memberi lampu pada tiang akan menambah kesan elegan bukan?

Teras Rumah Minimalis

Teras rumah minimalis

Sumber: idea.grid.id

Untuk kamu yang mempunyai lahan sempit dan bingung mau bikin rumah model gimana.

Kamu bisa deh, contek bentuk dan model teras rumah minimalis seperti gambar diatas, teras dan halaman rumahnya mepet dengan bahu jalan.

Teras Rumah 2 Tiang

Teras rumah 2 tiang

sumber: instaphenamenons.me

Inilah model teras rumah pada rumah pedesaan umumnya. Dua tiang dengan hiasan berbagai tanaman berbungkus pot putih.

Sungguh, teras rumah desa yang modern.

Teras Rumah Adat Minimalis

Teras rumah adat

Sumber: housingestate.id

Teras rumah adat

Sumber: kumpuldesainrumah.blogspot.com

Bagi kamu yang suka desain rumah adat,

jika merenovasi rumah secara keseluruhan terlalu makan banyak biaya, maka solusi yang tepat adalah mererenovasi bagian muka rumahnya dulu.

Teras Taman

Teras taman

Sumber: carirumah.org

Taman teman

Terlihat adem dan sejuk, teras ini cocok untuk kamu yang punya halaman yang cukup luas,

Teras Sempit

Teras sempit

Percantik teras rumahmu dengan tanaman kecil dalam pot, jika lahan terlalu sempit kamu bisa gantung pot-pot tanaman polutan kecil berbagai jenis.

Teras minimalis sempit

Tak lupa, beri juga batu kerikil agar terasa natural

Teras Rumah Sederhana

Teras rumah sederhana

Sumber: cerahmenakjubkan.com

Rumah seederhana memang tak banyak properti atau ornamen di terasnya, cukup dengan dua kursi dan satu meja,

ngobrol sambil ngopi santai di teras rumah pun terasa syahdu,

bukan begitu?

Teras Rumah Kanopi

Teras rumah kanopi

Sumber: almeey.blogspot.com

Saat ini rumah dengan teras berkanopi sangat banyak sekali kita jumpai.

Tambahan kanopi dimaksudkan agar teras terasa teduh, lantaran tak ada tiang penyangga pada teras.

Nah, kanopi ini adalah salah satu solusi untuk rumah yang terpapar sinar matahari yang berlebihan.

Teras Rumah Desa

Teras rumah desa

Sumber: idea.grid.id

Yang begini ngegosip bareng tetangga makin asyik,

walau sederhana, teras rumah desa tetap terasa membahana untuk tetangga.

Teras Kolam Ikan

Teras kolam ikan

Sumber: kampuengdesain.blogspot.com

Minum kopi sambil main catur sama pak eRTe disuguhi musik gemercik air kolam depan teras,

waduh… lengkap sudah hidup ini.

Teras Santai

Teras santai

Sumber: rumahpapa.com

Santai bareng temen atau keluarga di teras rumah yang seperti ini memang pas banget.

Teras Romantis

Teras romantis

Sumber: kumpulandesainrumah.blogspot.com

Nongkrong depan rumah jadi seru dan asyik jika teras rumahnya seromantis ini.

Teras Modern

Teras modern

Sumber: interiordesign.id

Teras modern yang ini menyatukan unsur alami dan modernisasi, rumaput yang hijau dipadu dengan dinding batu kali besar. dihiasi lampu dinding yang unik.

Teras modern

Sumber: arsitag.com

Tips Menata Teras Rumah

Teras Rumah Mungil agar Tampak Indah dan Nyaman
Selanjutnya ini beberapa tips menata teras rumah berukuran mungil, yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam menata teras rumah Anda.

Menata Dinding Teras Rumah

Sesuaikan dinding teras dengan tema desain interior rumah kamu.

Dinding teras bisa berupa dinding bata, tembok semen, dinding kayu, atau batu alam.

Untuk teras yang berupa dinding tembok, pilihlah warna cat yang cerah, warna senada juga berlaku pada dinding eksterior rumahmu.

Kenapa warna cerah?

Warna cerah bisa memberi kesan tampak lebih luas lapang. Terlebih, dengan tambahan paparan sinar matahari, tembok teras yang cerah akan terpantul dan terlihat mencolok dari kejauhan.

Memilih Lantai Teras Rumah

Pemilihan lantai teras juga menjadi poin penting.

Perhatikan tekstur dalam pemilihan lantai, baik lantai keramik maupun lantai kayu.

Jika terjadi hujan, lantai keramik dengan tekstur yang rata akan menyebabkan lantai jadi licin, untuk itu gunakan lantai keramik yang mempunyai tekstur kasar, atau pakai saja paving blok.

Jika teras rumahmu beralaskan kayu, maka lapisilah lantai kayu dengan pelapis ekterior yang tahan cuaca, agar tak cepat lapuk termakan cuaca ekstrim akhir-akhir ini.

Merancang Taman Kecil dan Pot

Tanamlah beberapa tanaman dengan kombinasi warna warni, agar terasmu terlihat lebih menarik dan tak kaku.

Lalu, atur jarak tanam dengan tepat agar tak terkesan sumpek. Terapkan metode tanam dengan pola lurus atau satu garis.

Akan lebih syahdu dengan tambahan lampu taman atau air mancur kecil sebagai dekorasi tambahan..

Dekoratif

Tak melulu dengan tanaman, selain tanaman, kamu juga bisa menghias teras menggunakan elemen dekoratif lainnya.

Misalnya,meletakkan patung mini selamat datang atau pajangan di sudut teras, pasang jugapagar hias untuk menyekat area teras dan taman, serta letakkan bantal hias warna warni di kursi teras.

Alternatif lain, tempelkan wallsticker pada satu bidang dinding atau pintu sebagai penghias tambahan.

Bagaimana?

eye catching dan terasa nyaman bukan?

Maksimalkan Akses Sinar Matahari

Teras yang sehat mestinya harus memperoleh asupan sirkulasi sinar matahari yang cukup.

Tak adil jika tanaman yang kamu tanam tak memperoleh asupan gizi lewat fotosintesis dari sinar matahari.

Paving untuk Teras Rumah

Aplikasikan paving atau stepping stone jika teras rumahmu berukuran luas panjang.

Soal bentuk dan modelnya terserah mau yang gimana, sesuai selera aja.

Pemasangan paving ini bisa memberi tampilan yang berbeda pada teras rumah kamu.

Udah gitu, paving juga berfungsi mempertahankan tanaman dari pijakan kaki secara langsung di taman.

Finally, untuk menciptakan teras yang enak nyaman dan menawan, sebagai tempat nongkrong sambil rebahan, kamu juga harus bisa menyesuaikan bentuk pagar rumahmu.

Info pagar rumah selengkapnya, bisa kamu baca di artikel pagar rumah minimalis.

Selamat menghias teras!