M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

6 Tanaman Penghias Ruangan yang Menawan

3 min read

Tanaman hijau telah menjadi komponen penting di rumah kita. Tidak mungkin membayangkan dekorasi kontemporer yang sukses tanpa menampilkan tanaman di dalamnya. Tapi pilihan untuk mengadopsi tanaman penghias ruangan melampaui sisi estetika atau tren vegetal.

Di atas segalanya, ini adalah pertanyaan tentang kesejahteraan sehari-hari! Tumbuhan memiliki banyak keunggulan, seperti menjernihkan udara dan mengharumkan ruang.

Lebih dari cukup alasan untuk melakukan penghijauan. Tetapi kamu juga perlu tahu cara merawatnya agar tetap hidup dalam waktu yang lama.

Kamu bisa mengadopsi tanaman hias yang mudah dirawat karena kamu bisa merawatnya dengan baik. Tapi mana yang harus dipilih? Ada banyak pilihan tanaman yang beradaptasi dengan ruang interior.

Tren untuk sekarang ini berkonsep minimalis dengan sentuhan vegetasi, baik tanaman asli atau artifisial. Semangat akan tanaman hijau bisa ditularkan pada keluarga, ajak anak untuk ikut menyiram dan merawatnya.

Lakukan yang terbaik untuk selalu menjaganya tetap indah dan hijau! Tapi tanaman mana yang mudah dirawat dan bagaimana cara merawatnya?

Ini rekomendasi jendelabaru.com, ayo kita simak.

Pilea peperomioides

Tanaman penghias ruangan
Sumber: apartmenttheraphy.com

 

Pilea peperomioides, juga disebut tanaman misionaris, adalah tanaman hias dari keluarga urticaceae. Tanaman kecil dengan daun teratai mini bulat ini berasal dari Cina.

Tampaknya membawa keberuntungan. Pilea membutuhkan tempat di tempat yang cukup terang, tetapi tanpa paparan sinar matahari sepanjang hari. Tidak ada persyaratan khusus untuk penyiraman atau pemupukan.

Perawatan tanaman ini tidak sulit, kamu cukup menyiramnya seminggu sekali saja, Namun biasanya penjual bunga menyuruh untuk benar-benar berhati-hati terhadap kelembaban yang menggenang di akar.

Jangan takut jika daun bagian bawah rontok, itu normal!

Ficus Robusta

Tanaman Penghias Ruang
Sumber: en.wikipedia.org

Ficus Elastica, terkenal sebagai karet, merupakan tanaman indoor hijau cantik yang mudah tumbuh. Tanaman ini tumbuh dengan cepat dan baik serta tidak membutuhkan banyak perawatan.

Tanaman ini harus ditanam dalam pot yang cukup besar dan dikeringkan di bagian bawah dengan lapisan tebal bola tanah liat. Ini adalah trik untuk memastikan drainase air yang baik. Juga penempatannya harus dengan cahaya maksimal namun tanpa sinar matahari langsung.

Dan terutama pada jam-jam terpanas dalam sehari; untuk menghindari luka bakar yang tidak bisa disembuhkan. Itu juga tidak boleh terkena suhu yang terlalu rendah.

Hindari memindahkannya. Tanaman ini suka diam di sudutnya. Sirami setidaknya sekali seminggu, tunggu tanah mengering di antara dua penyiraman. Ia juga cukup sering berkabut karena menyukai kelembapan.

Kamu harus tahu bahwa ketika tanaman hijau menemukan tempat yang mereka sukai, Kamu tidak boleh memindahkannya. Jika mereka melakukannya dengan baik, biarkan mereka bahagia di sudut mereka!

Sebaliknya, jika Kamu melihat mereka terlihat sedih, daunnya lunak atau layu, tidak tumbuh meskipun disiram, pindahkan. Mereka mungkin tidak cocok di tempat ini.

Tanaman tidak dibuat untuk menghiasi furnitur, mereka tidak menyesuaikan dengan keinginan dekoratif kita.

Ficus Lyrata

Ficus Lyrata
Sumber: greeneryunlimited.co

Ada juga ficus Lyrata, yaitu tanaman hias yang membentuk semak besar atau pohon kecil. Daunnya kasar dan panjangnya bisa mencapai 50 cm.

Tanaman ini lebih cocok jika kamu letakkan di taman minimalis teras rumahmu.

Ini adalah tanaman hijau yang indah dengan dedaunan asli yang penuh dengan urat kuning yang sangat mencolok. Tanaman jenis ini memiliki akar yang takut air terlalu banyak. Jadi, saya selalu memeriksa apakah tanahnya agak kering di antara dua penyiraman.

Sebagai tanaman penghilang polusi, ficus menghilangkan banyak polutan termasuk: amonia, formaldehida, xilena, dan toluena.

Lidah buaya

Tanaman Lidah buaya
Sumber: meramuda.com

Sapa yang tak kenal tanaman ini, tanaman dengan sejuta manfaat. Terkenal karena khasiat obatnya, lidah buaya sangat mudah perawatannya dan bisa bertahan lama di dalam rumah. Seperti kaktus, lidah buaya, dari keluarga Liliaceae, membutuhkan cahaya, tetapi tidak banyak air.

So, tanaman lidah buaya juga bisa jadi tanaman penghias ruangan yang indah sekaligus menyegarkan.

Lidah buaya merupakan tanaman yang dapat menghiasi kusen jendela bahkan keluar ruangan. Banyak orang memanfaatkanya sebagai bahan dasar kosmetik, banyak pula yang memnfaatkan sebagai obat kesehatan.

Epiphyllums

Epiphyllums
Sumber: lagunadirt.com

Tanaman lain yang sangat saya sukai adalah epiphylla. Ini adalah tanaman sukulen yang merupakan bagian dari keluarga Cactaceae. Di lingkungan alaminya, tanaman ini tumbuh di atas tanah, biasanya di pepohonan.

Di dalam rumah, kamu bisa menikmati bunganya yang cantik. Bunga kami tidak pernah berbunga, meski perkembangannya normal. Dari sisi pemeliharaan, tanaman ini membutuhkan kondisi pertumbuhan yang mirip dengan anggrek.

Gerimis teratur pada dedaunan dalam cuaca panas dan penyiraman teratur. Meskipun itu adalah mantra kaktus, jangan biarkan dia sangat kering. Hindari juga air dingin dan sadah.

Monstera

Tanman penghias ruangan
Sumber: en.wikipedia.org

Tanaman penghias ruangan yang sangat cocok untuk dekorasi ya tanaman monstera ini atau yang kita sebut sebagai janda bolong yang lagi ngehits tempo hari dengan harga yang fantastis.

Tanaman merambat dalam ruangan ini sangat dihargai karena daunnya yang dipotong besar. Siapa yang tidak memperhatikan tanaman luar biasa ini di seluruh media sosial?

Spesies dalam ruangan yang paling umum adalah monstera yang lezat. Daunnya yang berkilau dan berlubang membawa nuansa tropis ke dalam rumah. Dan yakinlah, memang perawatannya mudah.

Yang ideal adalah merepotingnya setiap tahun (tidak melebihi 2 tahun) dan sebaiknya di musim semi. Ini mendorong perkembangannya. Anda harus tahu bahwa akar monstera takut kelebihan air.

Dan yang terpenting, tanaman ini takut akan matahari. Dia lebih suka cahaya yang redup. Saya awalnya meletakkan milik saya di antara dua jendela gambar di ruang tamu dan itu suram, tidak berwarna.

M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Tinggalkan Balasan