M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Bosan Dengan Suasana Rumah? Ide Taman Rumah Minimalis Ini Akan Usir Kebosananmu

5 min read

Taman minimalis – Ngopi sore di teras rumah sambil nyeruput kopi dengan suguhan pemandangan taman hijau yang menyegarkan diiringi alunan musik kesukaanmu, ah… serasa sempurna banget hidup ini ^_^ yakan?.

Siapa sih yang nggak pengen punya taman hijau cantik yang menyegarkan di halaman rumah?

Tapi gimana coba jika kenyataannya halaman rumah kamu tak cukup luas untuk menciptakan suasana adem kayak gitu?

Nggak usah bingung jika keadaan kamu memang demikian adanya, taman minimalis bisa jadi solusi tepat untuk kamu.

Berkebun minimalis adalah tentang ruang dan cara penggunaannya. Mengikuti tren desain interior, penataan ini cenderung melibatkan palet, bahan lansekap keras dan tanaman. Kamu bisa juga mengkombinasikan dengan desain garis tebal dan sederhana.

Taman minimalis klasik yang dirancang secara profesional mungkin secara finansial agak kurang bersahabat untuk dompet sebagian besar penghuni rumah.

Ide Taman Minimalis

Pengen taman minmalis di halaman rumah tapi terkendala lahan sempit?

Nggak usah khawatir, jaman sekarang semua bisa terwujud dengan kreatifitas dan majinasi kamu. Meski lahan di bawah kaki kamu terbatas, kamu masih bisa kok membuat suasana rumah jadi area hijau yang adem.

Mulai dari mengubah furnitur lama menjadi perkebunan hingga mengubah rumah burung dan teko menjadi ruang taman miniatur yang asri dan menyegarkan.

Dengan ide-ide segar ini kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk mewujudkan taman minimalis impianmu.

Taman Minimalis Dalam Rumah

Taman dalam rumah
Sumber: pinterest.com

Kebayang kan segernya kalau punya taman dengan barbagai macam tumbuhan yang asri di dalam rumah, pasti betah banget beraktifitas di dalam rumah.

Nah wujudkan impianmu dengan membuat taman minimalis di salah satu ruang rumahmu, yang terpenting tumbuhan di taman itu harus terkena cukup sinar matahari,

caranya?

Usahakan taman tersebut dekat dengan kaca jendela agar asupan gizinya cukup.

Taman Vertikal

Taman Vertikal Minimalis
Sumber: decoor.net

Ide taman vertikal saat ini adalah tentang menampilkan tekstur, warna, dan semangat tanaman dengan cara yang segar dan baru, serta memaksimalkan ruang secara berseni dan efisien.

Meskipun kemampuan untuk melihat sesuatu dengan cara baru tidak selalu mudah, berikut ini adalah ide menarik yang akan bertindak sebagai panduan dan inspirasi saat kamu mempercantik lanskap rumah.

Taman vertikal mungil ini membuat dampak besar berkat penggunaan warna yang berseni. Nuansa alternatif dalam warna pastel memberikan keseragaman yang menyenangkan, sementara bunga-bunga mungil dan vegetasi rindang mengintip dari puncak pot terakota.

Desain ini dapat kamu gunakan untuk memperkuat pagar tua atau bagian dinding yang terpasang di sisi rumah agar menambah unsur artistik yang halus juga terlihat sejuk.

Desain ini juga dapat digunakan di dalam ruangan, mungkin di dapur, sebagai cara untuk menjaga jamu kuliner tetap dekat.

Variasi Pot Unik

Variasi Pot
Sumber: dekoruma.com

Jika kamu orang yang suka tanaman kecil imut pastinya kamu butuh banyak pot untuk tanaman di taman minimalismu ya kan.

Nah keindahan sebuah taman tak lepas dari tempat tanaman kecil itu tumbuh. Pilih pot yaang unik dan menarik, atau kalau budget kamu terbatas kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas.

Botol-botol plastik, kaleng bekas, atau apa saja lah yang bisa kamu manfatkan untuk memperindah tanamanmu agar semakin indah dan segar.

Roof Garden Minimalis

Roof garden
Sumber: deagamdesign.com

Untuk kamu yang benar-benaar mentok terbatas lahan dan ppengen banget punya area hijau di rumah, roof gardening emang solusi tepat untuk kamu.

Ya, taman minimalis di atas atap.

Menikmati indahnya sinar matahari pagi dan sunset di sore hari sambil ngopi santai ditemani tanaman hijau yang segar di atap rumah.

Duhh… syahdunya.

Balkon yang Segar dan Menenangkan

Taman minimalis balkon
Sumber: patronfrancoismorin.com

Sering gerah dan kepanasan karna terkena sinar matahari yang berlebihan dari balkon rumahmu?

Mempunyai rumah vertikal memang kadang terasa panas dan biikin gerah, kususnya di lantai dua atau tiga.

Kalau begitu keadaanya inilah saatnya mengubah balkon kamu jadi tempat paling sejuk dan indah, agar angn yang berhembus ke ruangaan terasa segar.

Siapkan saja pot-pot yang cantik dan tanaman hias hijau menyegarkan.

Dengan begitu suasana lantai dua atau lantai tiga kamu jadi segerrr.

BACA JUGA : Teras Rumah Minimalis

Taman Imut di Suatu Sudut

Taman minimalis sudut
Sumber: ruparupa.com

Sekali lagi, nggak ada alasan untuk kamu yang punya lahan terbatas tapi pengen rumah yang berkelas.

Pilih salah satu sudut ruamh yang paling membosankan, biar nantinya jadi menyegarkan.

Meski imut dan mungil, taman miinmalis ini nyatanya nyegerin bukan?

Nggak ada salahnya kamu coba’, yuk ah bikin sudut favoritmu!

Memanfaatkan Lahan Samping Rumah

Taman Samping rumah
Sumber: insinyurbangunan.com

Manfaatkan tiap jengkal sudut rumahmu, tak terkecuali lahan sempit samping rumah.

kamu bisa menanam tumbuhan hijjau segar apapun kesukaanmu agar rumah semakin sejuk.

Jangan lupa beri elemen lainnya agar taman di samping rumah kamu tampak cantik, seperti gambar diatas ini.

Aturan Taman Minimalis

Sebelum kamu membuat taman yang penuh kesegaran, ada baiknya kamu harus tahu beberapa aturan-aturan penting yang harus kamu lakukan, demi memaksimalkan segernya hunianmu.

Nah, berikut ini jendelabaru.com sudah merangkum step apa saja yang harus diperhatkan saat kamu bikin spot segar hjau menenangkan di rumahmu.

Yuk mari, simak dengan seksama!

Tetapkan Batasan

Taman di teras minimalis
Sumber: pinterest.com

Minimalis di taman harus dimulai dengan batasan. Karna pada dasarnya desain minimalis adalah tentang batasan, terutama dalam penggunaan warna dalam desain keseluruhan, pilihan apa yang digunakan baik itu pagar, dinding atau lantai sangat penting untuk menciptakan skema yang sukses.

Warna-warna netral cenderung menjadi yang paling populer, karena menenangkan dan nyaman. Panel logam bergelombang tanpa cat, galvanis, dan punggung alami menciptakan tekstur dan bayangan.

Dinding balok batu kapur ini mungkin memberi kita solusi terbaik untuk menciptakan batas minimalis yang paling sederhana. Ini memiliki kehadiran yang bagus di taman saat terhubung dengan lantai kerikil.

Ukuran dinding dan permukaan yang halus memungkinkannya berfungsi sebagai layar film atau tempat untuk memproyeksikan pencahayaan taman.

Ketajaman gaya dinding ini juga memungkinkan terciptanya kontras yang luar biasa saat digunakan sebagai latar belakang penanaman arsitektural yang kuat.

Jika balok yang kamu gunakan tidak mulus atau warna pilihan, kamu bisa mengecatnya dan mempercantiknya. Tetapi jangan gunakan batu penutup di bagian atas, karena ini akan merusak garis bersih yang kamu cari.

Tidak mudah untuk dipasang sendiri, panel kaca ini memungkinkan cahaya masuk ke taman namun tetap mempertahankan warna netral pada batasnya. Tiang kayu yang menahan panel memungkinkan kekerasan kaca untuk dihubungkan dengan pagar kayu yang berdekatan.

Batasi Bahan

Komposisi yang apik
Sumber: dekadeko.com

Membatasi jumlah bahan hardscaping, serta warnanya, penting untuk mendapatkan tampilan yang bersih dan sederhana – terlalu banyak dan skema akan terasa rumit.

Di sini kita melihat bagaimana menggunakan nada kayu yang sama untuk pagar dan penghiasan menciptakan skema yang harmonis.

Paving mungkin tampak menjadi pilihan yang jelas untuk lantai di taman minimalis, namun harus dipilih dan diletakkan dengan keterampilan untuk mencapai jenis hasil akhir yang sempurna yang kita lihat di sini.

Warna paving yang hangat menciptakan latar belakang yang indah untuk detail abu-abu gelap dari tempat duduk, pot bunga, dan bingkai jendela.

Perhatian terhadap detail ini dapat membuat desain minimalis yang tampak profesional lebih mudah dari yang kamu kira.

Experimen Tanpa Rumput

Tempat bersantai
Sumber: polarumah.com

Biasanya desain taman tradisional andalan, rumput bisa menjadi material permukaan yang bagus pada taman minimalis sederhana. Baik itu dipotong pendek atau dibiarkan tumbuh dengan bebas, ini menciptakan dasar netral yang mudah digabungkan dengan permukaan alami lainnya, seperti batu dan kayu.

Dalam pengaturan minimalis, taruh rumput di tanah yang sudah kamu siapkan dan ratakan dengan hati-hati untuk membuat halaman yang terlihat menyerupai karpet. Atau gunakan salah satu rumput buatan terbaik yang tersedia beberapa versi bahkan menyertakan ilalang palsu.

Gunakan Palet Tanaman Terbatas

Taman belakang rumah
Sumber: casaindonesia.com

 

Kebutuhan akan tanaman dalam gaya taman ini bisa minimal, namun tanaman juga merupakan kunci dari desain apa pun. Tanaman membantu melembutkan desain, membawa kelegaan dari struktur lanskap yang keras.

Cobalah untuk membatasi penanamanmu tidak lebih dari tiga spesies agar tidak terlalu padat dan terkesan semprawut. Tidak hanya palet terbatas akan terlihat bagus, tetapi juga akan membuat perawatan lebih mudah.

Boxwood (Buxus spp) menjadi pilihan favorit untuk taman minimalis. Dedaunannya yang selalu hijau memberikan warna monokromatik sepanjang tahun, dan dapat dipangkas erat menjadi bentuk yang kuat dan tajam.

Ciptakan harmoni dan kesatuan taman dengan memasukkan berbagai jenis tanaman dalam warna yang sama, tetapi dengan corak dan corak yang berbeda.

Warna yang disukai oleh desainer termasuk abu-abu netral dan hitam, tetapi beberapa lebih memilih warna yang lebih dominan, seperti hijau asam, untuk membedakan warna netral dari hardscaping.

Saran untuk penanaman monokromatik:
Hitam: Phormium ‘Platt’s Black’, Ophiopogon planiscapus ‘Nigrescens’, Phyllostachys nigra
Abu-abu: Perovskia ‘Blue Spire’, Santolina chamaecyparissus, Artemesia ‘Powis Castle’
Hijau asam: Euphorbia schillingii, Euphorbia polychroma, Alchemilla mollis
Lihat lebih banyak tanaman dengan dedaunan abu-abu dan hijau asam.

Menyatukan skema kebun dalam taman

Taman minimalis manis
Sumber: rumahpedia.info

Gunakan skema warna yang kohesif, baik dalam pilihan wadah maupun penggunaan palet terbatas. Wadahnya harus kontemporer, dengan hasil akhir yang bersih dan bergaya.

Tak perlu ada banyak warna dalam taman rumahmu, ya mungkin akan terasa aneh jika ada banyak warna, akan terkesan seperti taman kanak-kanak.

Warna bisa di dapat dari berbagai macam bunga yang kamu tanam.

Elemen Air untuk Kontrol Suara dan Gerakan

Taman dengan kolam ikan
Sumber: brilio.net

Sebagian orang mungkin cenderung meremehkan air di taman minimalis. Padahal air harus menjadi bagian penting dari skema keseluruhan dari ornamen tambahan. Bahkan dengan gerakan yang mereka berikan, air bisa menciptakan perasaan tenang.

Tambahkan juga ikan hias kesukaanmu agar suasana taman semakin natural.

Dengan adanya suara gemercik air, teras sangat lengkap semua elemen yang ada di rumahmu. Tak hanya tanaman dengan berbagai jenis bunga dan buah-buahan, ikan-ikan yang manis pun turut hadir di surga kecilmu.

Dan lakukanlah step by step pembuatan surga kecilmu ini dengan benar, maka kamu akan mendapatkan taman yang tenang serta tak banyak perawatan yang merupakan penangkal sempurna dari tekanan kehidupan modern, dengan ruang untuk seluruh keluarga.

Akhir kata dari editor: Selamat Mencoba!

M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Tinggalkan Balasan