M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Yuk, Coba Gaya Scandinavian Interior yang Lagi ngeHitz

3 min read

Scandinavian Interior – Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan gaya skandinavia, namun sebenarnya gaya skandinavia sudah banyak diadopsi oleh warga negara kita, ya… warga +62.

Kalo kamu sering buka instagram dan mencari gambar rumah dengan keyword interior rumah minimalis, pastinya bakal ada banyak sekali berjubel gambar interior scandinavian yang terpampang disana.

Tapi, sebenarnya apa sih scandinavian style itu?

Nah, sebelum kita lihat gambar-gambar interior rumah yang indah dibawah ini, ada baiknya kita bahas dulu scandinavian style.

Sekilas Tentang Scandinavian Style

Scandinavia style
Sumber: pinterest.com

Scandinavian adalah negara-negara yang berada di Eropa Timur seperti, Norwegia, Denmark, Finlandia, Swedia, dan Islandia.

Gaya dekorasi rumah Skandinavia tentu saja berasal dari negara-negara Nordik, tetapi yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa ia dikenal dengan tiga fitur utama.

Sederhana, terjangkau, dan fungsional. Ini sangat mirip dengan gaya modern dan kontemporer karena bekerja berdasarkan prinsip minimalis.

Bahkan, minimalis adalah komponen kunci dari gaya di mana furnitur menjadi pusat perhatian sementara aksesori jarang dipilih

Negara-negara Scandinavian umumnya memiliki musim dingin sepanjang tahun, hal tersebut membuat intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan menjadi sangat minim.

Itulah kenapa gaya interior skandinavia identik dengan warna netral yang cerah dan terang.

Ruang Rumpi Scandinavian

Scandinavian Interior
Sumber: arsitag.com

Nah bagi kamu yang betah banget ngerumpi ghibahan bareng temen-temen, suasana ruangan kek gini ini nih yang bikin lupa waktu.

Interior yang sederhana namun bisa menjadikan suasana rumah jadi segar membahana. Ringan dan penuh makna.

Interior Ruang Makan Scandinavian

Ruang makan skandinavia
Sumber: catesthill.com

Di area ruang makan gaya Scandinavian lebih menonjolkan pada furnitur kayu, ini bertuan agar interior di dalamnya terasa hangat.

Jendela yang besar dan lebar juga turut menghangatkan suasana sarapan pagi kamu.

Interior Dapur Skandinavia

Scandinavian Interior
Sumber: pinterest.com

Fitur karakteristik lain dari dapur Interior Scandinavian dan tentu saja dari setiap ruangan dengan gaya ini adalah banyaknya kayu alami.

Kayu alami membantu menambah kehangatan dan kenyamanan ruangan, menciptakan rasa memiliki.

Dalam dekorasi dapur Scandinavian, batu bata adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan.

Bata, meskipun sederhana mampu secara ajaib mengubah ruangan, memecah monoton interior putih dan menambah tekstur.

Manfaat menggunakan Nordic dengan desain dapur Anda meliputi:

Garis bersih, modern, dan desain fungsional.
Gaya optimal dengan kerepotan minimum.
Perasaan yang luas.
Memaksimalkan cahaya.
Aliran terbuka, tidak berantakan, dan teratur.
Daya tahan material, dan tentunya,
Efektivitas biaya.

Bathroom Scandinavian

Scandinavian bathroom
Sumber: stylemepretty.com

Kombinasi kenyamanan dan fungsionalitas dengan warna-warna halus sangat khas untuk gaya Skandinavia. Ini adalah cara terbaik untuk mengatur kamar mandi kecil dan besar.

Ini mempromosikan relaksasi yang harus kita harapkan dari interior seperti itu.

Dinding-dinding yang cerah, keramik saniter putih (seperti bathtub, wastafel, dan toilet) dan elemen-elemen berwarna kayu memberi kesan kelapangan, bahwa gaya Scandinavian sangat diperhatikan.

Namun, interior harmonis kencang ini perlu dihidupkan kembali dengan warna-warna seperti biru, hijau atau merah muda dalam nuansa pastel. Biru tua atau warna abu-abu gelap juga bisa digunakan.

Gaya Skandinavia terutama terdiri dari putih, beiges halus, abu-abu dan coklat, serta warna palet biru dan hijau.

Pengambilan furnitur kayu juga lebih disukai dalam nuansa cerah, karena bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan pada penataan.

Interior Kamar Tidur Scandinavian

Scandinavian bedroom
Sumber: interioridea.net

Interior kamar tidur Skandinavian ini terlihat begitu bersih dan segar karena skema warna putih bersalju yang dipadukan dengan nada kontras tinggi dan pola geometris yang berani seperti tempat tidur putih dan hitam kotak-kotak.

Apakah kamu suka nuansa ramping dan nyaman dari kamar tidur yang indah ini?. Lampu hitam adalah sentuhan kontras tinggi yang excellence banget kan?

Oh ya, masih banyak kok gambar-gambar kamar tidur minimalis lainya yang tak kalah keren. Klik aja artikel Kamar Tidur Minimalis

Ciri Khas Gaya Scandinavian Interior

Scandinavian interior
Sumber: yourmap.io

1. Warna Netral

Desain scsndinavian interiror sering menawarkan palet warna netral-berat. Karena musim dingin panjang dan gelap di Eropa Utara, desain Nordic memanfaatkan putih, abu-abu, dan cokelat untuk membuat ruang terasa seragam dan cerah.

Seringkali, aksen biru dan warna-warna berani lainnya dimasukkan secara longgar.

2. Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami digunakan untuk membuat ruang terasa lebih besar dan lebih terang. Dinding putih menekankan cahaya yang tersedia, dan penggunaan perawatan jendela yang minimal memungkinkan cahaya alami untuk menerangi ruang.

3. Perabotan Modern

Kaare Klint, yang secara luas dianggap sebagai bapak desain furnitur Denmark modern, membuka jalan bagi perabotan modern yang ramping yang muncul di seluruh ruangan Nordik.

Seperti gaya khas Klint, furnitur Denmark ditandai dengan nada kayu yang hangat, garis lembut, kurva halus, dan kaki yang meruncing.

4. Ruang Decluttered

Dekorasi Skandinavia mengikuti mantra desain “kurang lebih”. Pada 1950-an dan 60-an, rumah-rumah Skandinavia secara tradisional kecil, sehingga mereka tidak mengizinkan barang-barang dekoratif dan aksen dalam jumlah besar.

Dengan demikian, desainer cenderung menghindari hiasan atau detail yang berlebihan, dan penyimpanan diterapkan dengan bijak.

5. Aksen Kayu

Kayu sering dimasukkan ke dalam desain ruang melalui dinding, bilah kayu, dan lantai.

Perabotan kayu yang bijaksana terbuat dari kayu cemara yang cerah. Ruang tamu Skandinavia dihiasi dengan berbagai tanaman yang menciptakan suasana ramah.

Bingkai foto di dinding mendukung suasana yang sederhana.  Sesuai dengan estetika desain Skandinavia yang terang dan cerah, kayu ringan seperti beech, abu, dan pinus biasanya digunakan.

6. Penghijauan

Tumbuhan, bunga, dan tumbuhan lainnya digunakan untuk mencerahkan ruang dan menghirup kehidupan ke dalam ruangan. Elemen-elemen hidup ini menawarkan sembulan warna dan menambah esensi alami minimalis desain Skandinavia.

M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

4 Replies to “Yuk, Coba Gaya Scandinavian Interior yang Lagi ngeHitz”

Tinggalkan Balasan