M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Lantai Mezzanine, Apa dan Gimana Cara Bikinya?

4 min read

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata “lantai mezzanine“, mungkin banyak diantara kamu yang menyangka kalau lantai mezanin adalah sebuah jenis lantai.

Hmmm, salah besar!

Membuat lantai mezzanine di rumah adalah salah satu solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional di setiap jengkal sudut ruang.

Lantai mezzanine juga jadi solusi untuk rumah kecil yang ingin banyak ruang didalamnya.

Tak hanya sebagai ruang tambahan di rumah, dengan membuat mezanin kamu bisa mendapat tambahan ruang tanpa perlu mengeluarkan banyak anggaran.

Apa sih Lantai Mezzanine Itu?

Mezanin perpustakaan
Sumber: blocnoot.com

Lantai mezanin adalah sebuah lantai tambahan di dalam ruang, gambaran simpelnya sih sebuah balkon didalam ruang.

Mezzanine adalah lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap, biasanya luasnya hanya sepertiga dari luas ruangan.

Mezanin atau dalam bahasa inggris mezzanine berasal dari bahasa Italia yaitu mezzo yang mempunyai arti bagian tengah atau di tengah.

Dulu, mezzanine umumnya digunakan untuk bangunan pergudangan dan pabrik karena bangunan seperti ini biasanya memiliki atap atau plafon yang tinggi.

Tapi seiring perkembangan jaman, mezzanine juga sering digunakan di rumah, apartemen, gedung, perkantoran, toko, ruang pertunjukan, bahkan hotel.

Gimana Cara Bikinnya?

Lantai mezanin
Sumber: inspirasirumahku.com

Sebelum kamu membuat lantai mezzanine di dalam rumah, ada banyak point yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan.

Simak penjelasan dibawah ini.

Luas Ruangan

Untuk membuat lantai mezanin biasanya butuh sepertiga luas ruangan rumahmu.

So, pastikan luas ruangan rumahmu mencukupi, agar keberadaan mezanin tidak membuat sebuah ruangan jadi sempit bin sumpek.

Fungsi

Penting untuk memikirkan bagaimana kamu akan menggunakan mezzanine dan ruang di bawah untuk memastikan mereka tidak berbenturan.

Kira-kira ruang apa yang kamu butuhkan saat ini. Tapi sesuaikan juga luas lantai mezaninnya ya…

Jika lantai mezanin cukup luas, kamu bisa memanfaatkannya sebagai kamar anak-anak, ruang kerja, studio musik.

Jika luas mezzanine terbatas, balkon tambahan cantik ini bisa fungsikan sebagai perpustakaan atau sekedar ruang rebahan.

Tinggi

Selain luas ruangan, tinggi ruangan juga perlu diperhatikan agar kepala kamu tak mudah kejedot langit-langit atau plafon rumahmu.

Menurut Impressive Interior Design, tinggi ruangan tempat mezzanine dibangun tak kurang dari 4 meter, karena mezzanine akan mengambil bagian sekitar 2 meter termasuk langit-langit rumah.

Pencahayaan

Mezanin adalah ruangan terpisah yang terhubung dengan ruang utama.

Jadi pencahayaan di mezzanine sebaiknya disesuaikan dengan fungsi mezzanine supaya tidak terganggu ruangan lain atau justru mengganggu ruangan yang berdekatan.

Selain cahaya dari lampu, pasang juga jendela pada langit-langit agar pencahayaan maksimal dan sirkulasi udara di lantai mezanin bisa bebas keluar masuk, jadi semriwing deh…

Ruangan Di Bawah Mezanin

Dengan adanya mezanin dirumahmu, berarti ruangan yang ada di bawahnya akan menjadi lebih rendah dan mungkin agak sedikit sumpek jika perabot dirumahmu terlalu banyak.

Kamu pastinya nggak mau kan kegiatan kamu menjadi kurang leluasa? Agar aktivitas di bagian bawah mezanin bisa bebas dan leluasa, tambahkan juga pencahayaan yang pas dan tambahkan kipas angin kalau perlu.

Material

Untuk material atau bahan baku mezanin sendiri ada empat pilihan material yang bisa kamu gunakan, yaitu kayu, beton, baja, dan besi.

Oke, kita bahas satu-satu.

Kalau kamu memilih material kayu, pastikan kayu yang akan digunakan mempunyai kualitas yang baik dan ketebalan yang cukup agar mezanin bisa kokoh berdiri dengan kuat.

Diantara semua bahan baku atau material tadi, beton memang paling kuat dan bisa diandalkan.

Sedangkan besi dan baja memang cukup kuat dan mudah untuk diaplikasikan.

Anyway, apapun material yang kamu pilih, sesuaikanlah dengan interior rumah kamu agar bisa tampil maksimal, tampak cantik dan selaras.

Pastikan juga interior rumah kamu mendukung untuk lantai mezanin, lebih lengkapnya baca dulu artikel Scandinavian Interior

Apa Saja Jenisnya?

Mezzanine kamar tidur
Sumber: archify.com

Jika kamu berniat membangun lantai mezzanine di rumah, tapi masih binggung dengan penggunaan yang pas,

berikut inspirasinya.

Mezzanine Terbuka

Nah model begini nih, pas banget buat kamu yang punya keterbatasan lahan. Kamu bisa membangun mezanin dekat ruang utama, dengan begitu rumah kamu jadi terlihat sedikit lebih unik, sedikit?

Oh ya, pastikan tangganya mudah untuk diakses seluruh anggota keluarga ya….

Private Mezzanine

Kamu yang menginginkan privasi juga biasa membuat mezzanine dalam interior yang tertutup.

Caranya?

Gunakan kaca transparan sebagai dinding, lengkap dengan tirai bercorak kesukaanmu. Ini akan menjadikankan mezanin lebih private.

Dengan menggunakan kaca dan tirai, kamu bisa melihat ruangan di bawah dengan mudah, sekaligus juga bisa meminimalkan interaksi.

Mezzanine Gaya Jembatan

Selain sebagai ruangan tambahan, mezanin juga bisa berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan sebuah ruangan dengan ruangan yang lainnya.

Mezanin gaya jembatan bisa dimanfaatkan sebagai perpustakaan pribadi atau ruang kerja dengan konsep yang terbuka dan pastinya kamu jadi lebih mudah untuk mengawasi dengan anak-anak yang sedang asyik bermain di lantai bawah.

Mezanin Sudut Ruang

Jika kamu tidak punya ruangan besar atau langit-langit yang berukuran ganda, kamu bisa menggunakan sudut di salah satu ruangan untuk membuat mezanin yang tinggi.

Mezanin yang nyaman ini bisa kamu gunakan sebagai tempat tidur atau ruang baca.

Duh, nyamannya….

Mezzanine Kamar Tidur

Model mezanin yang satu ini khusus untuk kamu yang punya kamar tidur cukup luas dengan langit-langit yang tinggi.

Kamu bisa memanfaatkan kelebihan ini dengan cara yang kreatif, yaitu membuat mezanin yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan ataupun walk-in closet.

Menjadi Kreatif

Mezzanine cantik
Sumber: @interiordesign.id

Jangan tertunda oleh semua birokrasi. Mezzanine bisa unik dan praktis. Mereka dapat menciptakan ruang ekstra bagi kamu untuk melakukan hampir semua hal.

Mereka biasanya digunakan untuk kamar tidur tambahan, kantor, perpustakaan atau ruang bermain untuk anak-anak tetapi juga dapat menyediakan penyimpanan tambahan.

Apakah kamu ingin ruang terpisah atau bagian dari tata letak permainan yang lebih terbuka?

Pemeriksaan kedap suara mungkin diperlukan jika mezzanine dan lantai di bawah ini akan digunakan untuk tujuan yang sangat berbeda, misalnya bioskop rumah di atas area utilitas dapur yang bising.

Salah satu pilihan adalah kaca di mezzanine yang akan mempertahankan perasaan keterbukaan dan cahaya, sekaligus mengurangi kebisingan.

Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan?

mezzanine industrial
Sumber: arsitag.com

Akses ke lantai mezzanine (tangga) adalah masalah desain utama. Jika ruang sempit, tangga hemat-ruang dapat dipasang dengan hit dan miss tapak atau tangga loteng dengan pegangan tangan.

Tangga spiral bisa menjadi pilihan lain. Namun, tangga konvensional lebih aman dan lebih mudah digunakan (jika kurang menyenangkan) untuk anak kecil dan orang tua.

Pastikan ada banyak cahaya alami. Tergantung di mana dan seberapa tinggi jendela tingkat bawah, itu bisa menjadi ruang yang cukup gelap.

Maksimalkan cahaya alami dengan memasang skylight dan / atau dormers. Berkreasilah dengan lampu LED berwarna.

Pastikan lampu listrik dapat dikendalikan dari level bawah dan mezzanine. Lukisan dinding fitur warna yang berani, seperti ungu tua, dapat membuatnya menjadi ruang yang menarik.

Berapa Biayanya?

Mezzanine material besi
Sumber: solusiruma.com

Untuk estimasi biaya membangun lantai cantik ini memang bervariatif, tergantung material dan ornamen didalamnya.

Setiap daerah juga berbeda-beda harga materialnya.

Kalau di pulau jawa sih cukup siapkan budget 20 sampai 25 juta untuk menciptakan lantai mezanin ukuran sederhana yang cantik dan indah.

Atau, lebih jelasnya hubungi saja jasa pembuatan lantai mezzanine yang terpercaya, kamu bisa kunjungi solusiruma.com

M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Tinggalkan Balasan