Cara Membuat Hiasan Dinding Macrame

Hiasan dinding macrame – Hai bund, udah nggak sabar ya pengen buat hiasan dinding macrame yang kece?

Sebelum membuat seni tali temali ini alangkah baiknya simak sejenak penjelasan tentang macrame ya….

Biar bunda cantik di rumah makin tau apa dan dari mana sih kerajinan simpul benang ini berasal.

Oke bunda cantik, atur posisi duduk dulu yang nyaman.

Siapin juga camilan kesukaan bunda biar kefahaman yang diterima maksimal dan bisa langsung praktek.

Sekilas Tentang Hiasan Dinding Macrame

Hiasan dinding makrame
Sumber: id.pinterest.com

Macrame adalah seni tali rajut atau kerajinan simpul yang berasal dari negri padang pasir (Arab) pada awal abad pertengahan.

Seni yang mengandalkan keterampilan tangan dalam merangkai benang dibuat menjadi berbagai simpul sehingga membentuk aneka rumbai dan jumbai yang terurai. (beuhh.. belibet ngomongnya)

Ya… nggak beda jauh lah ya, dengan pelajaran tali temali dulu waktu bunda ikut ekstra kulikuler pramuka.

Kata Macrame berasal dari bahasa Turki yakni Ma-kra’ma atau Miqramah.

Menurut dari berbagai sumber, kata tersebut bermula dari para penganyam Arab yang merujuk ke hiasan rumbai-rumbai diatas unta atau kuda yang berfungsi untuk mengusir lalat pada panasnya gurun pasir.

Ketika suku bangsa Moor di Afrika Utara ditaklukkan, seni kerajinan tali temali tersebut dibawa ke Spanyol, lalu ke Italia terutama Liguria, kemudian menyebar ke Eropa.

Itulah sebabnya, pola dan warna macrame terpengaruh oleh selera Latin.

Nggak usah lama-lama nih dia video pertama kita.

Pola Dasar Simpul Macrame

Untuk membuat simpul tali yang trendi ini, pola sebaiknya ditentukan di awal.

“Sebenarnya bisa dirubah di tengah, tapi akan merubah jalin simpul yang sudah dibentuk”

Untuk pemula sebaiknya menggunakan teknink dasar dulu,

ya iya lah… hehe.

Teknik dasar ini merupakan simpul yang mudah dilakukan untuk setiap karya makrame.

Ada beberapa jenis simpul dasar, diantaranya simpul jangkar, laso, baling-baling, tiang, dan pangkal.

Tidak dikenal pola baku atau hitungan yang menyulitkan dalam membuat makrame, karena semua tergantung pada hasil yang diinginkan.

Semakin banyak simpul dalam satu karya semakin indah makrame yang dihasilkan.

Panjang Tali Macrame

Untuk menghasilkan karya dengan ukuran satu meter, tali yang dibutuhkan kira-kira bisa 5-7 kalinya.

kalau bunda mau buat wall decor berukuran 1 x 1½ meter, siapin aja bund, tali sepanjang 200 meter atau lebih, tergantung kerumitan pola dan ukuran.

Hmmmm…. panjang juga ya?

Tantangan lainnya tentunya adalah harus sabar,

ya… harus sabar.

Karena bunda harus melakukan gerakan-gerakan menyimpul yang sifatnya repetisi (pengulangan).

Saat membuat makrame dengan lebar 1 meter, bisa menggunakan sampai 100 kaitan untuk simpul awal.

Lanjut….

Jenis Benang/Tali Macrame

Penggunaan tali untuk makrame disesuaikan dengan karya yang akan dibuat, pada umumnya dipilih tali yang berasal dari bahan yang lembut, kuat, dan tidak terlalu elastis.

Beberapa jenis tali yang umum digunakan untuk merajut makrame adalah tali katun, tali kur, tali linen, tali acrylic, tali jute, dan tali nylon.

Hah, pokoknya tonton aja bund videonya sampai habis biar nggak gagal faham.

Untuk menghasilkan sebuah karya makrame berukuran 1 meter, dibutuhkan waktu 2 hingga 3 hari. Lagi-lagi tergantung pada pola dan ukuran.

Makin kecil dan mudah, makin sedikit waktu yang dibutuhkan.

Nb– Untuk percobaan pertama bunda bisa buat dengan tali pramuka milik adek.

Next video…

Jenis-jenis Hiasan Rajut Macrame

Hiasan dinding macrame
Sumber: @inspirasiminimalis

Ada banyak sekali jenis macrame dalam penggunaanya, makrame saat ini sudah menjajah berbagai lini.

Mulai sebagai wall decor, gantungan pot, dekorasi pernikahan, keset kaki, tatakan gelas, tas, sampai hammock yang nyaman buat rebahan.

Terlepas dari semua itu (jenis dan fungsi macrame), pokoknya yang penting bunda seneng bikinnya, syukur-syukur deh bisa jadi income tambahan, ya kan?

Oh ya, sekedar saran bund…

Untuk bunda-bunda cantik yang mau bikin macrame sebagai hiasan dinding, akan tampak lebih mathching bila menyatu dengan konsep hippies maupun vintage yang instagramable.

Macrame Pot Tanaman

Biar referensi tentang hiasan dinding bunda makin luas, jangan lupa baca artikel Hiasan Dinding Unik

Macrame Dream Catcher

Makrame yang model begini emang cocok benget jadi hiasan dinding untuk rumah dengan interior scandinavian

Macrame Model Daun

Oke bunda cantik, sekian dulu penjelasan tentang makrame kali ini.

Jangan sungkan-sungkan untuk share ke temen-temen bunda lainnya ya…

Jika ada pertanyaan atau usulan silahkan isi komentar dibawah ini.

Huh… senengnya bisa berbagi di tengah merebaknya pandemi….

Tinggalkan Balasan

You May Also Like

Lantai Mezzanine, Apa dan Gimana Cara Bikinya?

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata “lantai mezzanine“, mungkin banyak diantara kamu yang menyangka kalau lantai mezanin adalah sebuah jenis lantai. Hmmm, salah besar! Membuat lantai mezzanine di rumah…
View Post

10 Cara Make Over Ruang Tamu Minimalis dengan Budget Ekonomis

Ngobrol ngalor ngidul, rebahan atau sekedar ghibahan bareng temen di ruang tamu memang mengasyikkan. Kebayang dong kalau ruang tamu kamu sangat bersih, harum, indah dan menyegarkan, pastinya tamumu akan nyaman…
View Post

Yuk, Coba Gaya Scandinavian Interior yang Lagi ngeHitz

Scandinavian Interior – Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan gaya skandinavia, namun sebenarnya gaya skandinavia sudah banyak diadopsi oleh warga negara kita, ya… warga +62. Kalo kamu sering buka…
View Post

10+ Hiasan Dinding Unik dan Menarik yang Patut Kamu Coba

Hiasan dinding – Menghias dinding dengan wallpaper atau lukisan abstrak yang mahal memang sudah biasa. Namun, apa jadinya jika hiasan dinding cantik dan unik terbuat dari tangan kita sendiri. Tunjukan…
View Post