M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Cara Membersihkan Rumah Agar Terhindar dari Kuman & Virus

1 min read

Disaat suasana seperti ini kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan diri, sering-sering cuci tangan pakai hand sanitizer agar terhindar dari penularan Covid-19.

Tak hanya itu, bahkan saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menghimbau pada seluruh warga untuk menerapkan Social Distancing agar sebisa mungkin meminimalisir wabah merebak.

Sistem Lockdown 14 hari dirumah aja juga diberlakukan disetiap daerah, khususnya pada daerah yang parah penyebarannya.

Ummm… team rebahan pastinya gak kaget dengan keadaan seperti ini, disuruh berdiam diri dirumah selama 14 hari?, kan sudah terlatih sejak corona famous. 😄

Di tengah penyebaran virus corona, selain menjaga kebersihan tangan kamu juga wajib menjaga kebersihan rumah agar terbebas dari kuman dan virus.

Rumah yang kotor dan berdebu bukan cuma mengganggu kenyamanan tapi juga bisa jadi sarang kuman lho.

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, membersihkan permukaan benda yang tampak kotor dan banyak disentuh orang diikuti melakukan disinfeksi bisa mencegah Covid-19 dan penyakit pernapasan akibat virus lainnya di lingkup rumah tangga.

Untuk lebih jelasnya simak tahapan-tahapan berikut ini ya…

1. Bersihkan Diikuti Disinfeksi

Mulai sekarang membersihkan barang-barang dirumah saja tidak cukup kalau gak diikuti disinfeksi.

Proses pembersihan ini bertujuan agar kuman yang menempel di setiap permukaan bisa hilang, sedangaakan proses disinfektan bertujuan membunuh kuman yang membandel.

Apa aja barang-barang yang perlu dibersihkan?

Pastinya barang-barang yang paling sering tersentuh oleh semua anggota keluaga, mulai dari gagang pintu, remot TV, meja kursi, atau apalah, yang kamu anggap paling sering disentuh.

Pastikan disinfektan yang kamu gunakan benar-benar yang terbaik ya.

2. Penggunaan yang Tepat

Jangan lupa, sebelum menggunakan disinfektan baca instruksi dulu pada bagian belakang kemasan disinfektan.

Biasanya kamu perlu membasahi permukaannya dulu, dan selama beberapa menit untuk bekerja harus dalam keadaan basah.

Pastikan jauh dari jangkauan hewan peliharaan, lebih-lebih dari jangkauan anak-anak untuk permukaan yang baru disterilisasi sampai kering.

3. Bersihkan Secara Rutin

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini menyebut penelitian yang menunjukkan virus corona dapat bertahan di permukaan selama beberapa jam atau hingga beberapa hari.

So, kalau membersihkanya cuma satu kali aja jelas gak cukup. kamu harus menentukan waktu bersih-bersih secara rutin.

Tak cuma itu, setelah bersih-bersih biasakan juga melanjutkannya dengan memberi disinfektan, setidaknya dilakukan sehari sekali aja, itu kalau ada anggota keluarga yang sedang sakit.

Khusus untuk ruang makan dan dapur minimalis kamu, kamu juga wajib membersihkannya setiap kali selesai masak, karena pada permukaan peralatan masak banyak mengandung kuman patogen yang menempel.

4. Spons dan Lap Basah

Pelayanan Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NHS) menyarankan, agar kain yang digunakan kembali harus dicuci pada suhu 60 derajat Celcius setiap kali setelah digunakan.

Bisa juga dengan merendam spons di dalam air panas mendidih yang dicampur dengan disinfektan yang diencerkan.

Selain untuk memastikan spons dan kain dalam keadaan bersih bebas kuman, cara tersebut juga akan menjadikan spons atau kain lap jadi lebih bersih dan bebas bau tentunya.

5. Gunakan Produk Sekali Pakai

Produk sekali pakai disini bukan berarti kamu harus memakai piring dan gelas plastik, habis pakai langsung lempar.

Tapi gini lho…

kalau kamu sedang membersihkan sesuatu yang mungkin terkontaminasi atau misalnya terkena bersin atau bahkan sudah disentuh oleh orang yang mengidap sakit menular, menggunakan handuk kertas mungkin menjadi ide yang brilian daripada menggunakan kain yang bisa digunakan lagi.

Bahkan, para pejuang lingkungan pun rasanya bisa memahami langkah ini jika dilakukan di saat darurat, terutama demi pencegahan penyakit.

Oke, semoga tips tadi bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalankan tugas dari negara rebahan dirumah aja.

Jangan malas bersih-bersih rumah ya genks…

M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...