M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

10 Cara Make Over Ruang Tamu Minimalis dengan Budget Ekonomis

3 min read

Ngobrol ngalor ngidul, rebahan atau sekedar ghibahan bareng temen di ruang tamu memang mengasyikkan.

Kebayang dong kalau ruang tamu kamu sangat bersih, harum, indah dan menyegarkan, pastinya tamumu akan nyaman dan betah berlama-lama ngerumpi sama kamu.

Tapi jika keadaan ruang tamu kamu sebaliknya, dekil, kumuh bin sumpek, setiap orang yang berkunjung kerumahmu akan merasa jijik dan tak nyaman tentunya, ya kan?

Nah, kali ini Jendelabaru.com akan memberi tips & trik sederhana untuk mengatur ruang tamu minimalis kamu tanpa resah keluar banyak rupiah.

Simak baik baik ya….

Perbarui Dinding

Salah satu cara paling sederhana untuk memberi tampilan baru pada ruang tamu minimalis kamu adalah mulai dengan dinding. Yaps…. perbarui warna dinding kamu.

Jika memang budget kamu cukup memadai, sebenarnya memberi warna saja tak cukup, tambahkan aksen gambar agar terlihat cantik. Beri wallsticker misalnya.

Jika memang menghendaki untuk mewarnai saja, pastikan warna yang kamu pilih bisa memberi kesegaran dalam ruangan, biar bisa makin lama ghibahan hehe…

Atau, jika kamu malas untuk mengecat seluruh dinding ruang tamu, kamu bisa gunakan wallpaper berpola untuk memberikan tampilan baru.

Aturan penting : Jangan pernah taruh kalender di dinding ruang tamu, apalagi kalender partai…😄

Souvenir Cantik

Tips yang kedua adalah, pajang beberapa souvenir atau cindera mata unik khas daerah yang kamu beli saat liburan.

Kamu bisa pamerin pernak pernik unik di ruang tamu minimalismu, entah itu di dinding , meja atau pada rak sudut ruang tamu,

wayang kulit khas Solo misalnya, kamu bisa pamerin tuh di dinding, atau sekedar minimatur perak khas Jogja yang lucu lucu.

Cukup pasang dudukan display atau pasang beberapa rak di sepanjang dinding dan pasang cinderamata yang kamu dapat saat berlibur di sana.

Rak juga merupakan alternatif yang bagus untuk dipamerkan: rak cenderung menampilkan barang dengan lebih jelas dan tidak memakan banyak ruang.

Ganti Tirai

Cara sederhana lain untuk mempermanis ruang tamu kamu adalah dengan mengganti tirai lamamu dengan tirai yang baru.

Pastikan warna dan motif tirai yang baru berbeda dengan tirai yang lama ya, cobalah bereksperimen dengan warna, pola, atau bahkan tekstur tebal untuk menciptakan kesan dan kesan yang luar biasa di ruang tamu.

Dengan begitu kesan baru yang fresh pada ruang tamu minimalis kamu akan terasa maksimal.

Oia… perhatikan cara pasang tirai atau gorden ruang tamu kamu. Pasang tirai setinggi mungkin, pemasangan ini bertujuan menciptakan kesan luas dan lebar pada ruangan.

So, kini ruang tamu kamu jadi agak terasa lebih luas dan ngga’ sumpek lagi.

Furnitur yang Pas

Perabot atau furnitur yang besar dan jelas tidak tepat pada tempatnya akan mempengaruhi mood seseorang dan pastinya tidak akan menarik perhatian.

Tapi, jika dilakukan dengan benar, sofa besar yang murung atau kursi malas bisa menambah banyak karakter pada ruangan.

Perabot ruang tamu tak hanya untuk menghibur orang. mereka dapat berfungsi sebagai sudut baca pribadi, atau bahkan sebagai stasiun kerja untuk hari-hari kamu ketika kamu memutuskan untuk mager di rumah.

Karna sebuah perabot ruang tamu tak hanya sebagai hiasan saja, tapi juga harus usefull tentunya, ya kan?

Penataan Ulang

Sebelum kamu memutuskan untuk menambah lebih banyak perabot ruang tamu, cobalah pindahkan barang-barang yang tak begitu digunakan dalam ruangan lain dan lihat apa yang berhasil.

Terkadang jawaban termurah untuk menyiapkan ruang keluarga dengan anggaran terbatas adalah dengan mengatur ulang furnitur.

Bahkan setelah ini, jika kamu mendapati sofa itu terlalu banyak ruang, gantilah dengan sofa diwan atau sofa tunggal.

Jika kamu merasa tak ada cukup pilihan tempat duduk, pertimbangkan untuk meningkatkan ke sofa minimalis atau sekedar menambahkan meja kopi.

Terlepas dari potongan furnitur ruang tamu yang kamu miliki, bagaimana kamu mempresentasikannya adalah kunci dari penampilan ruangan.

Pergantian Lantai

Pernah kepikiran untuk mengganti lantai ruang tamu kamu?

Banyak orang berpikir mengganti lantai rumah adalah urusan yang bisa merobek dompet alias mahal.

Eits, jangan salah, ada hal lain kok yang bisa kamu lakuin untuk menyulap lantai kamu jadi lebih bagus tanpa harus menguras kantong. Caranya?

Yups, memoles lantai batu (jika ubin atau marmer) atau memoles permukaan (jika terbuat dari kayu) dapat membuat lantai terlihat bagus seperti baru lho!

Jika kamu memiliki budget terbatas, maka pertimbangkan untuk berinvestasi di karpet besar atau karpet dinding.

Go Green

Agar semakin berasa natural dan segar seperti di alam liar, alam luar maksudnya….

Beri tanaman hijau di ujung sofa sudut ruang tamu kamu. Jika tumbuhan dalam pot agak terlalu besar untuk ruang tamu kamu yang mungil,

kamu bisa tempatkan pot kecil dengan tunbuhan anti pollutan di meja depan kursi sofa.

Dengan menaruh tanaman hijau di ruang tamu kamu, itu berarti kamu juga turut mengkampanyekan go green untuk alam ini yang semakin menua.

Yah paling tidak kamu sudah berkontribusi untuk dunia yang semakin panas ini, ya kan?

Bukan cuma itu, selain untuk menyegarkan suasana, tumbuhan ini nantinya akan menyerap udara kotor dalam ruangan.

Itu artinya, udara dalam ruanganmu sekarang sudah steril dan semriwing akibat tanaman yang kamu taruh disana.

Cahaya Maksimal

Cahaya dalam ruangan memang sangat berpengaruh pada suasana di dalamnya. Pastikan cahaya pada ruang tamu kamu pas dan maksimal.

Cahaya bisa bersumber dari lampu ataupun cahaya alami yang menyeruak masuk lewat kaca jendela.

Nah, tips untuk lampu kali ini adalah tentang bagaimana penempatan dan pemilihan lampu yang tepat agar ruangan tetap hangat dan semangat.

Satu hal yang harus di perhatikan, menempatkan perlengkapan lampu watt rendah untuk fokus pada lukisan atau menambahkan dimmer untuk menyesuaikan kecerahan lampu overhead adalah tambahan kecil yang murah tapi efektif.

Jika kamu terpesona oleh lampu gantung, cobalah lampu gantung LED baru yang ramping, yang relatif murah untuk dipasang dan dapat membantu kamu menghemat tagihan listrik.

Bagaimana, so simple kan?

Artistik Ruang Seni

Bicara soal seni tak melulu harus mahal, banyak orang beranggapan jika menampilkan lukisan mahal pada dinding ruang tamu akan terlihat berseni alias bernilai artistik tinggi.

Buang anggapan seperti itu, mari kita bahas apa saja barang yang bernilai seni tinggi tapi bernilai ekonomis dalam harga. emang ada?

Patung batu atau kuningan tradisional, hiasan dinding, atau bahkan hiasan dinding besar yang terbuat dari kain seperti sutra atau katun dapat membantu kamu mengatur ruang tamu dengan anggaran terbatas.

Kamu juga bisa memajang beberapa potret foto keluarga tua yang dibingkai dengan rapi atau menggantung karya seni kamu sendiri adalah cara lain untuk meng-expresikan selera seni kamu yang tinggi.

Aroma Khas

Salah satu aspek furnitur ruang tamu yang sering diabaikan adalah aroma. Gak lucu dong kalau ruang tamu kamu udah rapi dan cantik tapi masih ada bau apek.

Mulai hari ini cari aroma terbaik untuk menyegarkan ruang tamu kamu. Jeruk atau lavender adalah aroma ruang tamu yang paling umum.

Jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih alami, cobalah lilin beraroma terapi atau dupa aromatik untuk menambah dimensi baru pada ruang hidup kamu.

Nah, kini ruang tamu minimalismu telah siap untuk menerima beribu tamu istimewamu. Semakin betah ngobrol atau rebahan tanpa ada beban.

Baca Juga:

Yuk, Coba Gaya Scandinavian Interior yang Lagi ngeHitz

M faiq b.U Selalu perbaiki langkah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *